Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Menyimpan Otomatis di Microsoft Word

Cara Menyimpan Otomatis di Microsoft Word
Seperti yang kita ketahui, kita terbiasa menyimpan file word dengan menggunakan perintah CTRL + S dengan cara berulang-ulang untuk memastikan pekerjaan tersimpan dengan baik. Sejak Ms Word 2007, pengembang Microsoft Office Telah menambahkan fitur Auto Save / Auto Recover (Simpan Otomatis). Banyak orang yang belum menyadari adanya fitur Auto Save ini, sesuai namanya fitur Auto Save akan melakukan proses penyimpanan data secara otomatis yang sedang kita kerjakan dengan selang waktu tertentu.

Fitur ini sangat berguna untuk berjaga-jaga agar data yang sedang dikerjakan atau sedang diketik tidak hilang begitu saja karena semisal mati listrik atau gangguan pada komputer seperti yang penulis alamin ketika sedang mengetik skripsi tiba tiba listrik mati, laptop yang dipakai tidak bisa digunakan karena masalah batre, Yahh terpaksa saya menulis ulang. Ataupun Masalah lainnya seperti laptop atau komputer lemot dan net responding, bahkan kadang, orang tidak sengaja menutup program word tanpa menyimpannya terlebih dahulu.

Cara Menyimpan Otomatis di Microsoft Word Menggunakan fitur AutoSave

Jika mengubah pengaturan penyimpanan word secara otomatis, hal yang perlu dipersiapkan adalah microsoft word semua versi, karena pengaturannya sama saja dan berikut pengaturan yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan fitur ini : 

Langkah 1 - Microsoft Word 

  • Buka aplikasi microsoft word di PC atau laptop kalian
  • Kemudian buka menu File untuk Office 2010 sampai Office 2016 atau tombol office 2007 
 Cara Menyimpan Otomatis di Microsoft Word
  • Selanjutnya pilih Options
Cara Menyimpan Otomatis di Microsoft Word 

 Langkah 2 - Word Option / Pengaturan Word

  • Kemudian pada kotak dialog word options pilih menu Save pada sebelah kiri, maka akan muncul pengaturan save sebagai berikut.Cara Menyimpan Otomatis di Microsoft Word
    1. Save File in This Format : Untuk mengatur format file yang tersimpan otomatis (seperti .doc, docx, docm, dot, html, txt, dan lain-lain)
    2. Save AutoRecover Information every : Untuk mengatur selang waktu atau beberapa menit sekali file yang dikerjakan tersimpan otomatis. Misalnya pilih angka 2 menit, jadi setiap 2 menit sekali file word yang dikerjakan akan tersimpan otomatis
    3. AutoRecover File Location : Untuk menyimpan file cadangan atau file word yang tersimpan otomatis. Tips : Pilih lokasi penyimpanan yang mudah diingat agar tidak kesulitan mencari file word pada saat dibutuhkan.
  • Untuk memastikan fitur AutoSave (Simpan Otomatis) telah aktif. Pastikan memberi centang pada Save AutoRecover Information every 
  • Kemudian pilih OK untuk menutup dan menyimpan pengaturan AutoSave

Tips 

Aturlah AutoSave dengan selang selang waktu yang kecil seperti 2 menit atau 3 menit agar lebih aman dan aturlah penympanan otomatis di lokasi yang mudah diingat agar tidak kesulitan mencari pada saat dibutuhkan.

Kesimpulan

Jadi seperti itulah Cara menyimpan Otomatis dengan mengaktifkan fitur Auto Save. Berdasarkan pembahasan diatas anda tidak perlu khawatir lagi lupa menyimpan file word yang sedang dikerjakan karena akan selalu tersimpan otomatis dengan selang waktu yang sudah ditentukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Otomatis di Microsoft Word"