Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Penyebab Akun Facebook Terkena Sesi (Terkunci) Permanen

C:\Users\NightBot\Music\Penyebab Akun Facebook Terkena Sesi (Terkunci) Thumbnail.png

Akun Facebook kamu tiba-tiba terkunci atau ternonaktif? Ini penyebabnya...

Apabila anda ingin login akun facebook ternyata akun facebook mendapat halaman Peringatan berisikan "Seseorang Mungkin Telah Masuk ke Akun Anda" yang mana pihak facebook mengunci akun facebook untuk mengamankannya.

Akun facebook anda akan tersembunyi, atau dalam kolom pencarian facebook tidak akan ada nama akun anda di facebook sampai menyelesaikan proses verifikasi identitas dan mengubah kata sandi. Proses ini juga sering disebut checkpoint atau terkunci.

Saat ini tidak ada tutorial bobol sesi akun Facebook, karena istilah ini hanya digunakan oleh sesorang yang mebuka jasa bengkel sesi facebook. selain itu juga istilah itu terkesan melakukan kecurangan. Sementara itu, Facebook juga tidak mentolerir kecurangan yang dilakukan dalam bentuk apapun. Misalnya ketika diminta facebook verifikasi identitas tetapi identitas yang diberikan palsu.

Apabila itu terjadi jangan terlalu berharap akun facebook anda bisa dipulihkan kembali, bahkan bisa dinonaktifkan atau terkunci secara permanen.

Penyebab Akun Facebook Terkena Sesi (Terkunci) Permanen

Apa itu Sesi Facebook? Sesi Facebook merupakan kondisi dimana akun terkunci secara tiba-tiba atau keluar (log out) sendiri dari aplikasi Facebook ataupun browser perangkat yang digunakan.

Lihat juga :

Apabila akun Facebook mengalami checkpoint atau terkunci akan diminta untuk menyelesaikan proses verifikasi yang meliputi :

  • Menjawab pertanyaan yang diberikan Facebook
  • Memilih komentar kamu sebelumnya
  • Mengunggah foto yang memperlihatkan wajah
  • Mengidentifikasi foto teman Facebook
  • Setujui masuk dari komputer atau perangkat lain seperti Smartphone anda
  • Memasukkan 6 digit kode verifikasi yang dikirimkan melalui Email atau SMS 
  • Konfirmasi Identitas (ID) atau mengirimkan foto tanda pengenal seperti KTP, SIM, atau Paspor
Penyebab Facebook Terkena Sesi (Terkunci) 

1. Akun Facebook Baru

Apabila akun facebook yang anda gunakan masih baru, dapat berpotensi mengalami sesi hilang. Karena jika baru saja membuat akun facebook baru sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan aktivitas. 

Bukan berarti tidak boleh melakukan komentar, membuat status dan upload foto ataupun video. Tetapi kurangi aktivitas tersebut karena bisa tergolong aktivitas mencurigakan, sebaiknya dibatasi aktivitas seperti ini.

2. Meminta Pertemanan

Terlalu banyak meminta pertemanan yang sekaligus dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan sesi habis pada akun  facebook. Biasanya masalah itu terjadi pada akun facebook baru. Sebaiknya ketika add atau menginformasi teman diberi batasan, minimal 30 orang per hari.

3. Komentar dan Posting

Banyak orang yang mengabaikan dalam komentar dan membuat status seperti upload video ataupun foto secara beruntun. Karena spam komentar, status juga akan berdampak buruk pada akun facebook anda.

4. Aktivitas Mencurigakan

Akun Facebook akan mengunci penggunanya ketika aktivitas penggunaanya terbaru yang terdeteksi sebagai perilaku mencurigakan. Tindakan tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mengamankan akun dari pembajakan. 

Aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh facebook berasal dari orang lain yang berusaha ingin mencuri akun facebook anda.

Contoh aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh facebook adalah jika orang lain berusaha mengganti kata sandi facebook tetapi tidak berhasil.

5. Membagikan Tautan Aktif

Terlalu sering membagikan tautan aktif juga bisa mengakibatkan hilang sesi pada akun facebook anda. Tautan atau link ini juga bisa bersumber dari link berita atau dari blog pribadi yang anda bagikan.

Sebenarnya tidak ada salahnya atau larangan membagikan tautan atau link berita maupun blog pribadi, tetapi sebaiknya harus memberi batasan atau mengontrol diri. Jangan melakukan secara beruntun karena akan dianggap spam atau aktivitas yang mencurigakan. Sebaiknya memberi jeda apabila ingin membagikan tautan atau link, minimal jeda sebaiknya 20 menit atau 30 menit setiap postingan

Apabila mengabaikan hal tersebut akibatnya tidak bisa memposting atau berkomentar di Facebook selama 3 sampai 30 hari. Bahkan akun facebook anda dapat terkunci atau dinonaktifkan.

6. Dilaporkan Seseorang (Report)

Salah satu penyebab akun facebook terkena sesi atau terkunci permanen adalah karena adanya sesorang yang mereport atau melaporkan akun facebook kamu. Biasanya akun facebook akan terkena sesi atau terkunci secara cepat apabila sesorang atau lebih melaporkannya atau istilah yang sering disebut ialah terkena report karena beberapa alasan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna akun facebook.

7. Terkena Phising

Phising merupakan situs web palsu yang menyerupai halaman aslinya yang bertujuan untuk menipu agar bisa mengambil atau merebut akun facebook yang kamu miliki

Hal ini bisa sangat berbahaya bagi orang yang belum mengetahuinya, karena data pada akun facebook yang dimiliki direbut atau dicuri karena terlanjur terperangkap dalam situs web tiruan atau phising.

Pada saat masuk atau login akun facebook menggunakan web tersebut maka bisa berpotensi hilang sesi pada akun facebook, karena akun facebook dicuri.

Pada saat login masuk ke akun facebook pastikan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak facebook seperti facebook lite atau aplikasi facebook yang dapat di download di playstore maupun appstore agar tetap aman

Apabila kamu ingin login akun facebook menggunakan browser, pastikan juga tetap berada di URL resmi facebook diantaranya adalah :

  • free.facebook.com.
  • m.facebook.com.
  • mobile.facebook.com.
  • mbasic.facebook.com.
  • web.facebook.com.
  • www.facebook.com.

Ciri-ciri phising terlihat jelas pada tampilan URL-nya. Jika facebook.com, maka pada URL phising berupa faceb00k.com. Jadi huruf "o" diganti dengan angka "0"

Hal yang sering terjadi seperti itu. Akan tetapi tidak bisa dijadikan patokan, karena alamat URL web phising ada banyak jenisnya 

Tipsnya adalah sering sering mengecek dan cermati alamat url untuk login ke facebook apakah menggunakan URL resmi dari facebook atau bukan karena web phising selalu menggunakan url yang hampir mirip untuk mengelabui korbannya. 

Baca JugaCara Mengatasi Facebook Terkena Sesi (Terkunci)

8. Lain-lain

Tidak hanya itu saja penyebab akun facebook terkena sesi atau terkunci, kalau kamu tahu penyebab lainnya, berikan komen pada kolom komentar dibawah yaa sob

Kesimpulan

Jadi seperti itulah beberapa penyebab akun facebook terkena sesi (terkunci). Berdasarkan dari pembahasan diatas berhati hatilah dalam menggunakan social media, apabila facebook mendeteksi akun anda mempunyai aktivitas yang mencurigakan, facebook akan mengambil langkah sesi (terkunci) atau menonaktifkan akun anda untuk mengamankan data pribadi anda. 

Apabila kamu tahu penyebab facebook terkena sesi lainnya silahkan beri komentar dibawah yaa. Semoga Informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan TxtDita lainnya..

7 komentar untuk "Penyebab Akun Facebook Terkena Sesi (Terkunci) Permanen "

  1. Akun saya di bajak dan terkena sesi permanen dan terkunci sandinya mohon bantuanya
    Nickname Facebook Angga Ranss

    BalasHapus
  2. Tolong bantuannya akun sy gak bisa masuk, dan tiba" Logout nickname hariansya haripudding

    BalasHapus
  3. Tolong bantuan nya akun saya terkunci bgitu sja dan langsung log out bgitu sja

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Tolong atas bantuannya untuk membuka akun yg terkunci

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar