Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Ciri-Ciri PC/Laptop Terkena Virus

Ciri-Ciri PC/Laptop Terkena Virus
Virus atau malware merupakan penyakit yang sering muncul pada perangkat Pc atau laptop. Bahayanya virus pada komputer yang sering terjadi ialah bisa memasang dirinya sendiri untuk menyerang perangkat yang kamu gunakan.

Tujuan dari virus pada komputer ialah mengganggu pada sistem keamanan perangkat komputer atau laptop untuk menyebarkan diri dan mengambil data yang kamu miliki.

Perangkat teknologi, khususnya laptop, dapat dengan mudah terinfeksi virus seperti malware. Keberadaan virus dan malware ini tentu akan sangat merugikan bagi pengguna laptop. Kinerja laptop bisa menurun, dan yang lebih berbahaya, kamu bisa saja kehilangan data-data penting dari laptop.

Meskipun saat ini laptop sudah mulai berkembang dan dilengkapi dengan software antivirus seperti windows defender yang merupakan software antivirus bawaan dari operating system windows yang dimiliki yang dapat menangkal virus dan berbahaya bagi laptop kamu. 

Semakin berkembang kecanggihan virus, maka semakin mudah juga juga cara kerja virus untuk menjangkiti perangkat komputer atau laptop. 

Berkembangnya virus juga sangat berbahaya bagi pengguna perangkat komputer atau laptop karena tanpa kamu sadari perangkat kamu ternyata sedang terinfeksi virus hingga terjadinya kerusakan yang parah.

Ciri Tanda-Tanda Komputer Atau Laptop Sedang Terkena Virus

Perkembangan virus dan malware juga tidak kalah mengerikan. Mereka bisa terinfeksi laptop dengan berbagai cara. Untuk menhindari hal buruk terjadi pada perangkat komputer atau laptop kamu karena virus. 

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa ciri perangkat komputer atau laptop terkena virus dan berikut merupakan tanda-tanda laptop terkena virus :

1. Kinerja Laptop Melambat

Jika laptop kamu membutuhkan proses waktu lebih lama dari biasanya seperti 

  • Proses booting windows pada saat menyalakan laptop atau pada saat mematikan laptop lebih lama dari biasanya.
  • Membutuhkan waktu yang lebih lama ketika memulai suatu program untuk membukanya, 
  • Laptop terasa berat ketika sedang menjalankan beberapa software, dan membutuhkan proses waktu yang lebih lama dari biasanya ketika sedang menjalankan software

Maka bisa jadi laptop kamu sedang terinveksi virus ataupun malware.

2. Aktivitas Hard Drive yang Mencurigakan

Aktivitas hard drive atau lebih dikenal hardisk pada laptop, yang biasanya memunculkan suara terus menerus atau berputar, biasanya hard drive atau hardisk tiba-tiba berputar.

Meskipun kamu tidak sedang menggunakan laptop atau tidak sedang menjalankan program apapun, dapat menjadi tanda juga bahwa laptop kamu terindikasi terinfeksi virus.

3. File Menghilang 

Beberapa jenis virus ataupun malware dapat menyebabkan masalah seperti 

Menghapus file, file pindah ke folder lain mengenkripsi file atau mengganti format file misalnya seperti file yang awalnya berformat microsft word (docx) menjadi jpg, mp3, ataupun format lainnya yang mana file asli kamu tidak akan bisa terbuka.

4. Pop Up yang tidak Terduga

Munculnya pop up atau kotak dialog pada layar yang tidak terduga adalah salah satu ciri laptop terkena virus. ada banyak varian pop up yang muncul seperti muncul dari browser kamu, muncul pop up dari aplikasi tidak dikenal.

Ciri-Ciri PC/Laptop Terkena Virus

Tidak hanya mengganggu, malware lain mungkin juga bersembunyi dan bersiap untuk menambah gangguan pada perangkat laptop kamu.

5. Adanya Software tidak Dikenal 

Adanya software tidak dikenal yang tiba-tiba sudah terinstal atau sudah terpasang di laptop kamu. Biasanya software tersebut merupakan software berbahasa asing seperti bahasa china misalnya, yang terkadang membuat laptop menjadi lambat.

Bahkan mengandung spam pop up yang terus muncul walaupun sudah di close, ddapat menjadi tanda bahwa laptop kamu terkena virus. 

Apabila menemukan ciri tersebut sebaiknya segera hapus atau uninstall software tidak dikenal tersebut agar tidak menambah gangguan lainnya.

6. Ruang Penyimpanan Berkurang

Ruang penyimpanan pada laptop kamu berkurang atau penuh secara tiba-tiba bisa menjadi ciri-ciri laptop terkena virus. 

Ciri-Ciri PC/Laptop Terkena Virus

Ruang hardisk atau hard drive pada laptop kamu tiba-tiba menjadi penuh merupakan tanda bahwa virus sudah menggandakan dirinya di dalam ruang hard drive atau hardisk pada laptop tanpa kamu sadari.

7. Lain-lain 

Tidak hanya itu saja tanda-tanda perangkat komputer sedang terkena virus, kalau kamu tahu dan menemukan gejala atau tanda-tanda komputer atau laptop sedang terkena virus, berikan komen pada kolom komentar dibawah yaa sob..

Kesimpulan

Jadi seperti itulah ciri atau tanda-tanda Pc/Laptop kamu sedang terkena virus. Berdasarkan pembahasan diatas segera lakukan tindakan untuk menangani masalah gangguan yang disebabkan virus yang kamu alami agar tidak menimbulkan kerusakan yang parah pada perangkat komputer atau laptop kamu. 

Apabila kamu kamu tahu dan menemukan gejala atau tanda-tanda komputer atau laptop sedang terkena virus, beri komentar dibawah yaa. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan TxtDita lainnya..

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri PC/Laptop Terkena Virus"