Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Baik

C:\Users\NightBot\Pictures\penyebab keyboard laptop tidak berfungsi\Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi 1.png
Keyboard laptop merupakan bagian sangat penting dalam sebuah perangkat komputer, tanpa keyboard kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, jika bagian penting ini mengalami permasalahan, maka bisa saja banyak hal aktivitas penting yang akan terhambat. 

Secara umum, keyboard merupakan perangkat keras atau lebih dikenal hardware pada komputer atau laptop yang berfungsi yaitu untuk mengirimkan perintah atau menginputkan data berupa huruf, angka dan simbol.

Pada dasarnya kondisi tombol keyboard tidak berfungsi merupakan hal yang wajar karena keyboard sering digunakan, akan tetapi kerusakan pada keyboard ini sering mengganggu dan menghambat pekerjaan yang dilakukan user 

Hal yang sering orang orang alami pada kerusakan keyboard laptop ialah, Keyboard tidak berfungsi sebagian, keyboard macet-macet, keyboard ngelag atau lemot untuk mengetik, keyboard tidak berfungsi secara keseluruhan,  dan keyboard laptop terkunci oleh sistem laptop yang digunakan. 

Dalam pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan apa saja sih penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik? 

Bagaimana sih cara mengecek dan mengatasinya?

Apakah perlu buru-buru dibawa ke tukang servis?

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Baik

Ada 2 hal gangguan penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik yaitu ialah dari permasalan software dan permasalahan hardware. Berikut merupakan penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik.

1. Tombol Tidak Berfungsi Sebagian

Penyebab pertama ialah karena beberapa tombol tidak berfungsi dengan baik atau memang mengalami kerusakan. Hal ini sering terjadi apabila beberapa tombol tersebut sering digunakan. 

Penggunan keyboard laptop digunakan seperi untuk aktivitas gaming yang mana digunakan secara terus menerus bahkan sering menekannya terlalu keras. 

Hal ini dapat menyebabkan bagian switch atau tombol pada keyboard mengalami kerusakan karena sering digunakan bahkan apabila penggunaanya sering ditekan terlalu keras.

Saat kerusakan yang diakibatkan karena seringnya bermain game dengan menggunakan keyboard laptop secara terus menerus dan jika terlalu sering menekannya terlalu keras, hal itu tentunya akan memperpendek usia hardware seperti keyboard ini. 

Maka dari itu apabila pengguna atau kamu yang sering menggunakan laptop sebagai aktivitas gaming, sebaiknya mengurangi aktivitas game dengan menggunakan keyboard. Jika aktivitas gaming masih ingin dilakukan secara sering sebaiknya gunakan keyboard external atau keyboard tambahan, khusus untuk bermain game saja jadi keyboard laptop masih aman untuk digunakan 

Bagaimana sih cara mengatasinya?

Cara memperbaikinya sebaiknya hindari beberapa tombol yang rusak tersebut untuk beberapa waktu, jangan memaksakan apabila beberapa tombol atau huruf tidak berfungsi, agar tidak merambah ke tombol-tombol lain, agar tombol tersebut bisa beristirahat untuk sementara waktu.

Jika hal ini tidak berhasil, maka sebaiknya bawalah ke tukang servis dan mengganti keyboard yang baru karena kemungkinan kerusakan sudah menjadi parah dan sulit untuk diatasi.

Apabila aktivitas game masih sering dilakukan sebaiknya gunakan keyboard external atau keyboard tambahan, khusus untuk bermain game saja jadi keyboard laptop masih aman untuk digunakan untuk aktivitas biasa.

2. Laptop Terbanting atau Terbentur 

Penyebab berikutnya ialah terjadinya insiden terbantingnya laptop tanpa disengaja atau terbenturnya keyboard laptop dari benda keras seperti kejatuhan sesuatu yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau tidak berfungsi secara keseluruhan. 

Apabila hal ini terjadi keyboard laptop sulit untuk diperbaiki, karena kemungkinan keyboard laptop kamu mengalami kerusakan total sebaiknya dibawa ke tukang servis untuk penggantian keyboard laptop yang baru.

3. Kerusakan Pada Socket 

Sistem pengkabelan keyboard laptop tidak berfungsi, baik itu komputer, pc ataupun laptop menggunakan kabel dan socket untuk menjalankan fungsinya input data yang berupa, huruf, angka, dan simbol. Namun kerusakan yang sering terjadi ialah pada socket dan sistem pengkabelan pada keyboard.

Ciri-ciri kerusakan pada socket keyboard laptop ialah, biasanya keyboard tidak berfungsi sama sekali baik itu huruf, angka, simbol secara keseluruhan tidak berfungsi karena kerusakan pada socket keyboard itu sendiri.

Bagaimana sih cara mengatasinya?

Apabila kerusakan pada socket keyboard terjadi sebaiknya dibawa ke tukang servis yang paham mengenai hardware komputer untuk dilakukan perbaikan pada kabel dan socket keyboard, atau apabila keyboard tidak mung bisa untuk diperbaiki biasanya tukang servis akan menggantinya dengan keyboard yang baru.

4. Keyboard Laptop Kotor Kemasukan Debu 

Keyboard yang kotor, berdebu ataupun kemasukan air juga dapat menyebabkan tidak berfungsinya keyboard. Laptop yang jarang dipakai juga dapat menyebabkan laptop menjadi berdebu yang dapat menyebabkan masuknya debu kedalam sela sela keyboard, hal ini tergantung juga dengan kondisi ruangan yang digunakan.

Biasanya penyebab keyboard laptop kemasukan debu tidak langsung berdampak rusaknya keyboard secara langsung, namun dalam jangka beberapa waktu lama kelamaan apabila debu yang menempel pada sela sela keyboard semakin banyak kerusakan laptop terjadi, dan keyboard jadi tidak berfungsi sebagian bahkan bisa saja tidak berfungsi secara keseluruhan

Penggunaan laptop di tempat yang kotor atau ruangan yang berdebu juga bisa cepat masuknya debu kedalam sela-sela keyboard laptop hal ini juga merupakan salah satu dampak tidak berfungsinya keyboard pada laptop.

Bagaimana sih cara mengatasinya?

Ada 2 hal untuk cara mengatasi keyboard kotor atau berdebu dan berukut merupakan cara mengatasi permasalahan keyboard laptop kotor atau kemasukan debu:

Cara yang pertama ialah dengan cara membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan kuas dan bersihkan keyboard dibagian sela-sela yang memungkinkan debu atau kotoran masuk kedalam keyboard. Apabila memiliki mini vacum cleaner, bisa gunakan alat tersebut untuk menyedot debu debu yang menempel, hal ini sangat pas untuk dilakukan jika tidak berani membongkar keyboard laptop kamu.

Cara yang kedua ialah kamu bisa membongkarnya dan membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, cara ini sangat efektif karena keyboard benar-benar dapat dibersihkan secara tuntas

5. Keyboard Laptop Ke Lock (Terkunci)

Dalam beberapa hal kasus keyboard laptop tidak berfungsi ialah karena keyboard laptop terkunci oleh sistem pada laptop itu sendiri. Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi penyebab umum sehingga membuat keyboard tidak bisa berfungsi secara normal. 

Penyebab keyboard laptop terkunci ialah : 

  • Adanya masalah pada driver keyboard yang digunakan
  • Akibat dari update system windows yang dilakukan
  • Terkunci adanya virus atau malware pada laptop
  • Terkunci karena sistem pengaturan bios pada laptop
  • Terkunci oleh aplikasi pihak ketiga ataupun software pengunci keyboard

Meskipun Windows juga menyediakan on screen keyboard atau keyboard virtual yang bisa kita manfaatkan. Namun penggunaanya tidak selancar atau secepat dengan menggunakan keyboard internal.

6. Driver keyboard laptop sudah usang

Kerusakan atau Tidak kompetibelnya driver keyboard bisa menjadi masalah pada software yang cukup serius, sehingga keyboard tidak berfungsi dengan semestinya. Apabila driver sudah usang atau driver yang digunakan menggunakan versi lama hal ini bisa menjadi masalah dan menimbulkan kerusakan keyboard menjadi tidak berfungsi dengan baik

Jika driver dengan sistem operating sistem yang digunakan menggunakan versi terbaru sedangkan driver yang digunakan sudah usang bisa menjadi masalah pada software yang cukup serius, jadi agar kompetibel dengan sistem yang digunakan oleh laptop sebaiknya update driver keyboard yang digunakan 

Bagaimana sih cara mengatasinya?

Untuk cara mengatasinya ialah dengan install ulang driver keyboard ataupun update driver keyboard. Begini caranya : 

  • Pertama Buka menu Search Windows 
  • kemudian ketik Device Manager dan selanjutnya Klik kanan dan open
    Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Baik

  • Apabila sudah terbuka Scroll kebawah dan klik dua kali pada Keyboards
  • Kemudian klik kanan pada Standard PS/2 Keybaord (Setiap laptop punya nama driver keyboard sendiri)
  • Lalu klik uninstall device atau update driver
    Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Baik

  • Selanjutnya reboot atau restart laptop kamu dan windows akan secara otomatis menginstall ulang driver asli
Note : Untuk cara uninstall driver jangan khawatir, driver keyboard pada windows tidak akan terhapus, driver asli masih tetap ada dan otomatis terinstall jika merestart laptop kamu

7. Lain-lain 

Tidak hanya itu saja penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, kalau kamu tahu dan menemukan penyebab penyebab keyboard tidak berfungsi lainnya, berikan komen pada kolom komentar dibawah yaa sob..

Akhir Kata 

Jadi seperti itulah beberapa penyebab keyboard tidak berfungsi. Berdasarkan pembahasan diatas rawatlah keyboard laptop dengan baik, sering sering dibersihkan pada sela-sela keyboard agar terhindar dari kerusakan keyboard.

Apabila kamu tahu dan menemukan penyebab keyboard laptop tidak berfungsi lainnya, beri komentar dibawah yaa. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan TxtDita lainnya..

Posting Komentar untuk "Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Baik"