Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD

Cara Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD

Di era serba digital ini, banyak pekerjaan yang membutuhkan perangkat PC atau laptop untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, seperti menulis, menghitung data, menggambar, editing video dan macam pekerjaan lainnya.

Apalagi di masa sekarang ini sekolah, ataupun perkuliahan sangat membutuhkan PC atau laptop karena pemberlakuan pembelajaran dengan sistem daring atau secara online yang mana pastinya membutuhkan PC atau laptop untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

Pernah gak sih, meninggalkan PC atau laptop dan mengerjakan pekerjaan lain? Seperti sedang rendering video, upload video, menulis, menghitung data, export file atau menyelesaikan pekerjaan lainnya, tetapi kamu ingin PC atau laptop kamu shutdown setelah pekerjaan selesai.

Terkadang kita merasa lelah ataupun terkadang juga menyelesesaikan pekerjaan secara bersamaan seperti mengerjakan hal lain, atau bahkan terburu buru setelah menyelesaikan pekerjaan lupa mematikan PC atau laptop kamu 

Nahh disini admin akan membagikan caranya mematikan Pc/laptop secara otomatis, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi apabila lupa mematikan perangkat komputer kamu.

Cara Mematikan atau Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD (Command Prompt)

Jika ingin mematikan Pc/Laptop secara otomatis ikuti langkah berikut, karena admin akan membagikan caranya beserta gambar agar lebih jelas melakukan langkah-langkahnya.

Berikut cara men-shutdown pc atau laptop secara otomatis menggunakan CMD :

Langkah 1 - Buka Menu Search

  • Buka menu Search Windows 
  • Kemudian ketik Command Prompt atau CMD 
    Cara Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD

  • Selanjutnya klik kanan dan open
    Cara Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD

Langkah 2 - Ketik Perintah di CMD

  • Setelah terbuka command prompt, lalu ketik 
  • shutdown.exe -s -t 60 
Cara Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD
  • kemudian tekan Enter

Informasi Tambahan 

Note : 60 itu merupakan 60 detik atau 1 menit, jadi apabila pc atau laptop kamu akan mati secara otomatis dalam waktu 60 detik atau 1 menit kedepan setelah melakukan perintah di command prompt/CMD. Misalkan apabila kamu ingin mematikan PC atau laptop kamu dalam waktu 1 jam kedepan. 

Maka 1 jam merupakan 3600 detik, dan kamu ganti saja angka 60, dari peritah diatas menjadi 3600 detik dan pc atau laptop kamu akan shutdown secara otomatis dalam waktu 1 jam kedepan. Seperti perintah dibawah :

shutdown.exe -s -t 3600 

Selanjutnya di layar monitor muncul kotak dialog peringatan bertuliskan you're about to be signed out - will shutdown in 1 minute

Cara Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD

Dan abaikan saja dengan menekan tombol Close, kemudian windows 10 kamu tetap otomatis shutdown sesuai dengan  perintah yang kamu lakukan diatas.

Kesimpulan

Jadi seperti itulah cara mematikan atau shutdown PC/Laptop secara otomatis dengan menggunakan CMD (Command Prompt). Berdasarkan informasi diatas PC/laptop akan mati secara otomatis apabila sudah memasukkan perintah di CMD dan sudah menentukan waktu yang kamu inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan TxtDita lainnya dan sampai jumpa..

Posting Komentar untuk "Cara Shutdown PC/Laptop Otomatis Dengan CMD"